Kamis, 07 Juni 2018

Gejala Psoriasis Dan Komplikasi



Psoriasis adalah penyakit kronis yang berlangsung seumur hidup, dan tanda-tanda dan gejala  psoriasis  bervariasi tergantung pada orang dan jenis psoriasis.



Bagi sebagian orang, gejala psoriasis dapat hilang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun pada suatu waktu. Ini dikenal sebagai remisi.

  • Bercak merah pada kulit ditutupi dengan sisik keperakan (disebut plak)
  • Bintik-bintik kecil, bulat, bersisik (biasanya terlihat pada anak-anak)
  • Kulit kering dan pecah-pecah yang bisa berdarah
  • Gatal, terbakar, atau nyeri
  • Kuku menebal, diadu, atau bergerigi
  • Sendi bengkak dan kaku

Patch psoriasis dapat berkisar dari beberapa titik skandal seperti ketombe hingga erupsi besar yang mencakup area yang luas.

Sebagian besar jenis psoriasis melalui siklus, membara selama beberapa minggu atau bulan, kemudian mereda untuk beberapa waktu atau bahkan mengalami remisi sempurna.

Apa Tanda dan Gejala Psoriasis Plak?

Plak psoriasis adalah tipe yang paling umum. Sebanyak 90 persen orang dengan psoriasis memiliki bentuk ini, menurut American Academy of Dermatology.

Jika Anda memiliki psoriasis plak, salah satu gejala yang paling umum adalah timbul, bercak merah pada kulit yang ditutupi dengan skala keperakan. Patch ini dikenal sebagai plakat. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Anda mungkin memiliki psoriasis plak:
  • Raised, patch kemerahan yang dapat muncul di mana saja pada kulit
  • Lapisan putih keperakan di patch
  • Lokasi umum untuk patch meliputi lutut, siku, punggung bagian bawah, dan  kulit kepala
  • Gatal
  • Patch yang menebal saat tergores
  • Tambalan bervariasi dalam ukuran, dan baik sendiri atau bergabung bersama
  • Kuku dengan lubang yang roboh atau jatuh

Apa Saja Tanda dan Gejala Psoriasis Guttate?

Guttate psoriasis adalah jenis psoriasis yang paling umum kedua, mempengaruhi sekitar 10 persen orang yang memiliki penyakit, menurut National Psoriasis Foundation (NPF).

Jenis psoriasis ini dapat hilang tanpa perawatan apa pun, tetapi kadang-kadang membutuhkan perhatian medis. Ini mungkin muncul untuk satu episode, biasanya setelah penyakit seperti radang tenggorokan, atau mungkin menandakan mulainya psoriasis plak.

Gejala khas psoriasis guttate meliputi:
  • Bintik-bintik kecil, merah yang paling umum di batang tubuh, lengan, dan kaki, tetapi bisa muncul di mana saja di tubuh Anda
  • Bintik-bintik yang hilang dalam beberapa minggu atau bulan tanpa pengobatan
Apa Tanda dan Gejala Psoriasis Pustular?

Psoriasis pustular adalah bentuk umum penyakit yang biasanya menyerang orang dewasa. ( 4 ) Gejala yang mungkin termasuk:
  • Kulit merah, bengkak, dan putus-putus dengan benjolan nanah
  • Benjolan, sering hanya di telapak tangan dan telapak kaki
  • Nyeri dan rasa sakit di benjolan
  • Titik coklat atau sisik pada kulit setelah benjolan yang berisi nanah kering

Ketika benjolan berisi nanah menutupi tubuh, Anda mungkin memiliki kulit merah cerah dan merasa sakit, lelah, demam, menggigil, gatal parah, denyut nadi cepat, kehilangan nafsu makan, atau kelemahan otot.

Apa Tanda dan Gejala Psoriasis Inverse?

Invers psoriasis , juga dikenal sebagai psoriasis lentur, adalah jenis psoriasis yang terbentuk di lipatan kulit tubuh, seperti ketiak, alat kelamin, dan di bawah payudara. Ini adalah kebalikan dari psoriasis plak yang lebih umum, yang terjadi di luar, permukaan ekstensor tubuh, seperti lutut dan siku.

Psoriasis invers terjadi pada 2 hingga 6 persen orang dengan psoriasis, biasanya bersamaan dengan beberapa bentuk lain dari kondisi tersebut. Ini bisa menjadi salah satu bentuk penyakit yang paling menyakitkan dan menjengkelkan.

Gejala-Gejala Psoriasis Terbalik Meliputi:
  • Halus, bercak merah pada kulit
  • Kulit sakit
  • Menambal hanya pada lipatan kulit, seperti ketiak, dekat selangkangan, alat kelamin, dan bokong
  • Tambalan mentah di bawah payudara wanita

Apa Tanda dan Gejala Psoriasis Erythrodermic?

Psoriasis eritroderma adalah tipe psoriasis yang jarang, didiagnosis pada sekitar 3 persen orang dengan penyakit ini.  Ini adalah bentuk peradangan psoriasis yang sangat mempengaruhi sebagian besar tubuh, dan dapat terjadi dalam hubungan dengan psoriasis pustular. Gejalanya meliputi:
  • Kulit yang terlihat terbakar
  • Sebagian besar kulit berubah merah terang
  • Merasa sangat panas atau sangat dingin
  • Detak jantung cepat
  • Gatal intens
  • Sakit parah

Bagaimana Psoriasis Didiagnosis?

Sebagian besar waktu, dokter Anda dapat mendiagnosis psoriasis dengan mengambil riwayat medis Anda dan memeriksa kulit, kulit kepala, dan kuku Anda.
Dalam beberapa kasus, biopsi kulit dapat dilakukan untuk menentukan jenis psoriasis, dan untuk menyingkirkan gangguan lain yang terlihat mirip dengan psoriasis, seperti  eksim dishidrotik , dermatitis seboroik, lichen planus,  kurap , dan pityriasis rosea.

Bisakah Psoriasis Menyebabkan Komplikasi Kesehatan Lain?

Memiliki psoriasis dapat membuat Anda berisiko untuk mengembangkan kondisi medis lainnya.
Kulit Anda memainkan peran penting dalam mengatur suhu tubuh, memberikan hidrasi, dan melindungi terhadap infeksi.

Ketika gangguan kulit seperti  psoriasis  mempengaruhi tubuh, perubahan tertentu terjadi yang dapat menyebabkan masalah tambahan.

Dokter tidak yakin apakah risiko mengembangkan kondisi lain hanya terkait dengan penyakit itu sendiri atau jika pengobatan psoriasis juga memainkan peran.

Menurut NPF, sekitar 10 hingga 30 persen orang dengan psoriasis akan mengembangkan psoriatic arthritis, yang merupakan bentuk psoriasis yang mempengaruhi sendi.

Orang dengan psoriatic arthritis menderita nyeri, sendi bengkak dan gejala lainnya.
Anda dapat mengembangkan psoriatic arthritis kapan saja, tetapi paling sering muncul antara usia 30 dan 50.

Psoriasis dan psoriatic arthritis dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan masalah kesehatan berikut:

Kanker  Orang dengan psoriasis dan psoriatic arthritis memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker tertentu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Maret 2016 jurnal JAMA Dermatology , para peneliti menemukan bahwa sementara risiko kanker secara keseluruhan rendah, orang dengan psoriasis memiliki 34 persen peningkatan kemungkinan mengembangkan limfoma, 15 persen peningkatan kemungkinan terkena kanker paru -  paru , dan 12 persen meningkat. kemungkinan mengembangkan kanker kulit nonmelanoma  .  Namun, para penulis mencatat bahwa pekerjaan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apa peran psoriasis terhadap perkembangan kanker ini versus obat yang diambil pasien untuk mengobati kondisi kulit.

Penyakit Kardiovaskular  Anda lebih cenderung memiliki kondisi ini jika Anda memiliki bentuk psoriasis atau psoriatic arthritis yang parah. Faktanya, individu dengan psoriasis berat 58 persen lebih mungkin untuk memiliki kejadian jantung besar dan 43 persen lebih mungkin untuk mengalami  stroke , menurut NPF. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengobati psoriasis dapat membantu menurunkan risiko  serangan jantung  dan stroke.

Penyakit Celiac  Gangguan autoimun ini menyebabkan kerusakan pada usus kecil ketika gluten dikonsumsi. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2010 dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa lebih dari sepertiga orang dengan psoriasis memiliki antibodi yang tinggi terhadap gliadin dalam darah mereka. (Gliadin adalah protein dalam gandum yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh orang-orang yang memiliki  penyakit celiac  dan kepekaan gluten.)

Penyakit Crohn  Kondisi peradangan kronis pada saluran gastrointestinal telah dikaitkan dengan psoriasis dan  psoriatic arthritis . Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2013 di jurnal Annals of the Rheumatic Disease , 10 persen wanita dengan psoriasis mengembangkan jenis penyakit radang usus, seperti  Crohn  atau  kolitis ulserativa . Mereka yang memiliki psoriasis dan psoriatic arthritis memiliki risiko lebih besar mengalami Crohn's.

Depresi  Memiliki psoriasis dapat menyebabkan masalah emosional, seperti rendahnya harga diri dan  depresi . Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2014 dalam Journal of Rheumatology menemukan bahwa memiliki psoriatic arthritis dapat menempatkan Anda pada risiko depresi yang lebih besar daripada hanya memiliki psoriasis.Kabar baiknya adalah bahwa mengobati gejala psoriasis Anda dapat membantu memperbaiki depresi.

Diabetes  Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2015 di jurnal Clinical Diabetes , orang dengan psoriasis berat 30 persen lebih mungkin  menderita diabetes tipe 2  - suatu kondisi yang ditandai oleh kadar gula darah tinggi - dan sekitar 9 persen orang dengan tipe 1 atau tipe 2 diabetes memiliki psoriasis. Katakan kepada dokter Anda jika Anda mengalami gejala diabetes tipe 2, yang mungkin termasuk rasa lapar, peningkatan rasa haus, penglihatan kabur, atau kelelahan.

Penyakit  mata Kondisi mata tertentu lebih sering terjadi pada orang dengan psoriasis dan psoriatic arthritis. Ini mungkin termasuk  konjungtivitis  (umumnya dikenal sebagai mata merah), uveitis (penyakit radang pada mata), dan blepharitis (radang kelopak mata). Diperkirakan 7 persen orang dengan psoriasis arthritis akan mengalami uveitis.

Masalah Pendengaran  Orang dengan penyakit psoriasis dapat berisiko lebih tinggi untuk mengalami kesulitan pendengaran. Sebuah studi yang diterbitkan pada Oktober 2014 dalam Journal of Rheumatology menemukan lebih dari 31 persen individu dengan arthritis psoriatik mengalami gangguan pendengaran.

Tekanan Darah Tinggi  Psoriasis dan psoriatic arthritis dapat meningkatkan risiko Anda memiliki  tekanan darah tinggi . Jika tekanan darah tidak terkontrol, itu dapat menyebabkan penyakit arteri koroner, gagal jantung, stroke, atau gagal ginjal.

Penyakit Ginjal  Orang dengan psoriasis berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 dalam jurnal BMJ  menemukan peserta dengan psoriasis berat dua kali lebih mungkin mengembangkan penyakit ginjal kronis dibandingkan dengan mereka yang memiliki psoriasis ringan atau tanpa psoriasis.

Masalah Hati  Orang dengan psoriasis dan psoriatic arthritis mungkin memiliki peningkatan risiko untuk mengembangkan penyakit hati berlemak nonalkohol, suatu kondisi di mana terlalu banyak lemak disimpan dalam sel-sel hati.

Obesitas  Para ahli tidak yakin persis mengapa, tetapi  obesitas  sangat terkait dengan psoriasis dan psoriasis arthritis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu adalah psoriasis yang dapat menyebabkan obesitas, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas lebih mungkin mengembangkan bentuk psoriasis tertentu. Menurunkan berat badan dapat membantu memperbaiki gejala psoriasis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar